Home » Sejarah English Premier League Menjadi Yang Terbaik

Sejarah English Premier League Menjadi Yang Terbaik

by tulisanbola
827 views
Sejarah English Premier League Menjadi Yang Terbaik - Iwan Bomba

Sejarah English Premier League (EPL), Jadi Salah Satu Liga Terkaya Di Dunia

JAKARTA, TULISANBOLA OLEH IWAN BOMBA – English Premier League (EPL) merupakan perlombaan sepak bola teratas di Inggris yang diawali pada tahun 1992. Sebelumnya, EPL ini diketahui sebagai Divisi Satu Liga Sepak Bola Inggris (English Football League Division One). Perhelatan sepak bola ini adalah liga paling populer di Inggris.

Namun, guna meningkatkan branding dan daya tarik kompetisi. Liga itu diganti namanya menjadi English Premier League pada tahun 1992. Sebelum berdirinya EPL, sepak bola Inggris mendapati masa sulit untuk beberapa dekade sebelumnya.

Hooliganisme, stadion yang kurang layak untuk digunakan serta kekerasan di dalam maupun di luar lapangan menjadi masalah utama pada sepak bola Inggris. Di tahun 1985, insiden di Heysel Stadium di Brussels, Belgia, menyebabkan 39 orang tewas dan 600 orang luka-luka.

Sesudah tragedi tersebut, Inggris dilarang untuk mengirimkan tim sepak bola pada kompetisi Eropa selama lima tahun. Sesudah beragam reformasi dan pengawasan yang ketat dari pemerintah, sepak bola Inggris mulai bangkit lagi.

Manchester United - Liga Inggris

Liga Baru yang Professional dan Modern

Salah satu langkah guna meningkatkan daya tarik sepak bola Inggris ialah dengan membentuk liga baru yang lebih profesional dan modern. Dengan identitas baru yang lebih menarik, EPL pun resmi dimulai pada musim 1992/1993. Musim pertama EPL diikuti oleh 22 tim, termasuk tim-tim raksasa seperti Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Laga Pertama EPL

Laga pertama EPL digelar pada tanggal 15 Agustus 1992. Laga pertama ini mempertemukan antara Sheffield United dengan Manchester United. Laga itu berakhir dengan skor 2-1 untuk tim tamu. Musim pertama EPL dimenangkan oleh Manchester United (MU).

The Red Devils mendapatkan 84 poin serta unggul 10 poin dari runner-up, Aston Villa. Mulai saat itu, Manchester United menjadi tim terkuat dan paling dominan di EPL. Mereka sukses mendapat 13 gelar juara dari total 28 musim yang telah berlangsung.

Salah Satu Liga Terkaya dan Populer di Dunia

Sementara itu, EPL juga menjadi salah satu liga terkaya dan paling populer di dunia. Adanya pemain-pemain bintang kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo, Thierry Henry dan Wayne Rooney menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta sepak bola dunia.  Tidak cuma itu, hak siar EPL juga menjadi sektor bisnis yang menjanjikan untuk klub-klub dan televisi yang memilikinya.

Kritik dan Kontroversi

Dibalik kesuksesan EPL juga dibarengi dengan kritik dan kontroversi. Biaya transfer dan gaji yang tinggi, komersialisasi yang berlebihan. Tak hanya itu, dominasi klub-klub besar menjadi beberapa masalah yang sering menjadi sorotan publik. Akan tetapi, EPL tetap sebagai liga yang sangat ditunggu dan diikuti oleh para pecinta sepak bola di seluruh penjuru dunia. Demikian pembahasan mengenai English Premier League (EPL).

Baca artikel lebih banyak penulis Iwan Bomba

You may also like

Leave a Comment