Home » Transfer Eropa: Lukaku ke Roma, West Ham Boyong Kudus

Transfer Eropa: Lukaku ke Roma, West Ham Boyong Kudus

by tulisanbola
403 views
Gambar Laporan Iwan Bomba _ Transfe Eropa terkini

tulisanbola.com | JAKARTA – Memasuki penghunujung jendela Transfer Eropa Striker Chelsea, Romelu Lukaku, akan bergabung dengan tim Serie A, Roma, dengan status pinjaman selama satu musim.

Kesepakatan tersebut termasuk biaya peminjaman sebesar 8 juta poundsterling dan Roma akan menanggung gaji pemain internasional Belgia berusia 30 tahun itu.

Inter Milan berharap Lukaku, yang tidak menjadi bagian dari rencana Mauricio Pochettino di Chelsea, akan kembali ke klub di mana ia menghabiskan musim lalu sebagai pemain pinjaman.

Namun sang penyerang merasa tidak senang karena pelatih Simone Inzaghi tidak menurunkannya sebagai starter di final Liga Champions.

Pada jedela Transfer Eropa kali ini Juventus juga tertarik untuk mendatangkan Lukaku namun tidak dapat melakukan perubahan yang diperlukan pada skuat mereka.

Masih ada beberapa detail yang harus diselesaikan, namun pada dasarnya kesepakatan untuk kepulangannya ke Italia telah selesai.

Kepindahan ke Roma berarti Lukaku akan bereuni dengan Jose Mourinho, yang membujuknya untuk bergabung dengan Manchester United daripada Chelsea saat ia pindah ke Old Trafford dari Everton pada tahun 2017.

Lukaku pindah kembali ke Chelsea dari Inter Milan dengan nilai transfer sebesar £97,5 juta pada Agustus 2021 dengan kontrak lima tahun untuk periode keduanya di Stamford Bridge, tetapi ia kesulitan untuk membuktikan diri dan musim ini lebih banyak berlatih di luar tim utama.

Dia telah mencetak 15 gol dalam 59 pertandingan untuk The Blues dalam dua musim dan berada di urutan ke-20 dalam daftar pencetak gol sepanjang masa Premier League dengan 121 gol.

“Ketika dia dalam kondisi fit dan bugar, dia adalah pemain yang luar biasa,” kata mantan striker Chelsea, Chris Sutton, kepada BBC Radio 5 Live’s Monday Night Club

“Dia memiliki karier yang brilian tetapi, pada usia 30 tahun, dia harus membuktikan dirinya lagi.

“Hal yang terjadi di Chelsea cukup membingungkan dalam beberapa hal, bahwa ia seperti dibekukan dan Chelsea mengalami krisis penyerang, namun mereka tidak membawanya kembali ke dalam tim, yang sedikit aneh.”

Pada jedela Transfer Eropa kali ini West Ham telah menyelesaikan perekrutan gelandang Ajax, Mohammed Kudus, dalam sebuah kesepakatan yang bernilai setidaknya £38 juta.

Pemain berusia 23 tahun itu mencetak hat-trick dalam kemenangan play-off Liga Europa Ajax atas Ludogorets di Bulgaria pada hari Kamis.

“Saya bermimpi untuk bermain di liga seperti ini sejak kecil,” kata Kudus, saat West Ham mengonfirmasi kedatangannya ke Premier League.

“Saya sangat senang berada di sini. Namun tidak berhenti sampai di sini, saya ingin terus melangkah. Saya tidak sabar untuk memulai.”

Dia akan menelan biaya 44,5 juta euro ditambah dengan biaya tambahan dan menikmati prospek sepak bola level elit di Inggris.

“Saya mencoba yang terbaik untuk menghibur para penggemar karena saya pikir itulah inti dari sepak bola,” kata Kudus.

Brighton diketahui telah mencapai kesepakatan dengan Ajax untuk mendapatkan Kudus pada awal bulan ini, tetapi mereka tidak dapat menyelesaikan persyaratan pribadi.

Kudus memulai karier profesionalnya di klub Denmark, Nordsjaelland, pada 2018, sebelum bergabung dengan Ajax pada 2020, di mana ia telah mencetak 27 gol dalam 87 penampilan, membantu timnya meraih dua gelar liga Belanda.

Dia mencetak 11 gol dalam 30 penampilan Eredivisie musim lalu saat Ajax finis di urutan ketiga.

Untuk Ghana, Kudus telah mencetak tujuh gol dalam 24 pertandingan sejak melakukan debutnya pada 2019 dan menjadi starter dalam tiga pertandingan untuk timnya di Piala Dunia 2022 di Qatar, mencetak dua gol dalam kemenangan 3-2 atas Korea Selatan.

Dia adalah rekrutan kedua manajer West Ham David Moyes dari Ajax musim panas ini setelah kedatangan sesama gelandang Edson Alvarez dalam kesepakatan yang diperkirakan bernilai sekitar £35 juta.

West Ham juga telah mendatangkan gelandang James Ward-Prowse dari Southampton dan bek Konstantinos Mavropanos dari Stuttgart pada awal bulan ini.

You may also like

Leave a Comment