Home » Profil Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik Sepanjang Masa

Profil Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik Sepanjang Masa

by tulisanbola
823 views
Profil Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik Sepanjang Masa - Iwan Bomba

TULISANBOLA, IWAN BOMBA – Profil Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, atau lebih dikenal sebagai Cristiano Ronaldo, adalah seorang pemain sepak bola profesional Portugal yang saat ini bermain untuk Manchester United dan tim nasional Portugal. Ia lahir pada tanggal 5 Februari 1985 di Funchal, Madeira, Portugal. Cristiano Ronaldo dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa dan telah memenangkan banyak penghargaan dan trofi selama kariernya.

Karier Ronaldo dimulai ketika ia bergabung dengan tim junior dari klub sepak bola Portugal, Andorinha pada usia 8 tahun. Pada usia 12 tahun, ia bergabung dengan klub sepak bola nasional Portugis, Sporting CP, dan membuat debut profesionalnya pada tahun 2002 di usia 17 tahun. Ia kemudian bergabung dengan Manchester United pada tahun 2003 dan menjadi pemain kunci di tim tersebut selama enam tahun, membantu mereka memenangkan tiga gelar Liga Inggris, satu Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antarklub FIFA.

Pada tahun 2009, Ronaldo bergabung dengan Real Madrid dengan biaya transfer yang sangat mahal, dan di sana ia menjadi bagian dari salah satu periode paling sukses dalam sejarah klub, memenangkan empat gelar Liga Champions dalam lima tahun, serta dua gelar Liga Spanyol dan Piala Dunia Antarklub FIFA. Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak Real Madrid sepanjang masa dengan total 450 gol dalam 438 penampilan di semua kompetisi.

Pada tahun 2018, Ronaldo bergabung dengan klub Italia Juventus dan membantu mereka memenangkan dua gelar Serie A. Setelah tiga musim di Juventus, ia kembali ke Manchester United pada tahun 2021 dan berhasil membawa mereka ke babak perempat final Liga Champions pada musim pertamanya kembali di klub tersebut.

Selain kesuksesannya di klub, Ronaldo juga sukses di level internasional, membawa tim nasional Portugal memenangkan Piala Eropa 2016 dan Liga Negara UEFA 2018-2019. Ronaldo sendiri telah memenangkan banyak penghargaan individu, termasuk lima penghargaan Ballon d’Or, empat penghargaan Sepatu Emas Eropa, dan tiga penghargaan UEFA Best Player in Europe. Dia juga mencetak lebih dari 700 gol selama kariernya dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Selain sepak bola, Ronaldo juga aktif dalam banyak kegiatan amal dan memiliki yayasan sendiri, The Cristiano Ronaldo Foundation, yang membantu anak-anak miskin dan tidak mampu. Profil Cristiano Ronaldo adalah salah satu atlet terkenal dan dihormati di dunia, dan karier dan pencapaiannya di lapangan membuatnya diakui sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa.

Baca artikel penulis Iwan Bomba lebih banyak disini

You may also like

Leave a Comment