Home » Kerugian Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kerugian Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

by tulisanbola
710 views
Kerugian Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 - Iwan Bomba

JAKARTA, TULISANBOLA IWAN BOMBA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan, kerugian Indonesia yang gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 mencapai angka Rp3,7 triliun. Sandiaga menyebut, buat renovasi stadion saja, pemerintah telah mengeluarkan dana sebesar Rp500 miliar lebih.

“Kita sedang mengkaji dan sudah keluar hasil kajian awal di mana venue venue tersebut sudah direnovasi beberapa tahun terakhir oleh PUPR, Kemenpora ini jumlahnya sudah di atas 500 miliar lebih,” ujar Sandiaga di Lido, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Sementara itu, target puluhan ribu kunjungan wisatawan mancanegara dan suporter bola dari negara lain batal berkunjung ke Indonesia. Oleh sebab itu, bila dijumlah dengan harga tiket penonton kerugian Indonesia dari batalnya Piala Dunia U-20 ini minimalnya mencapai Rp3,7 triliun.

“Kalau ada suporter dari negara lain itu kita kalikan 50 saja bisa di atas 50.000 dan target pendapatan berbasis jumlah penonton yang sekitar 2 juta dalam pertandingan-pertandingan yang sudah disusun di enam kota itu total lebih dari 2 juta penonton – 2,3 juta penonton,” paparnya.

“Dan minimal dampaknya itu mencapai 3,7 triliun, dan ini kerugian yang sangat besar,” kata Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, reputasi Indonesia juga berdampak negatif untuk jangka yang panjang. Untuk mengatasinya, Indonesia bakal terus berusaha menggelar event-event besar guna memulihkan citra positif Indonesia.

Cari Solusi Bagi Hotel yang Merugi

“Reputasi Indonesia sebagai penyelenggara event event berkelas dunia karena kita akan terus mengundang event-event berkelas dunia termasuk musik konser yang akan kita gelar dan kita juga akan mengundang di berbagai bidang itu citra dan reputasi Indonesia sebagai destinasi unggulan itu yang harus kita jaga jangan sampai terdampak negatif,” ujarnya.

Sandiaga juga sedang mencari solusi bagi hotel-hotel di sekitar venue Piala Dunia U-20 yang telah keluar modal banyak. Pihaknya berusaha supaya kerugian Indonesia tidak terlalu parah.

“Pasti kecewa dan hotel-hotel di sekitar venue itu tadinya terkesan habis ini kita harus carikan jalannya agar kerugiannya tidak maksimal tapi kita coba pelajari kemungkinan akan adanya event-event pengganti itu yang lagi kita coba diskusikan dengan tim kami dari deputi bidang penyelenggaraan kegiatan,” tutur Sandi.

Baca artikel lebih banyak penulis Iwan Bomba

You may also like

Leave a Comment