Home » Hukuman Arema FC Jika Mengundurkan Diri Dari Liga 1

Hukuman Arema FC Jika Mengundurkan Diri Dari Liga 1

by tulisanbola
610 views
Hukuman Arema FC Jika Mengundurkan Diri Dari Liga 1 - tulisanbola iwan bomba

Tulisanbola oleh iwan bomba Hukuman Arema FC Jika Mengundurkan Diri Dari Liga 1 – Arema FC akan menghadapi rentetan hukuman berat jika memutuskan bubar dan mundur dari Liga 1 2022/2023. Arema bahkan akan terdegradasi dari liga 1.

Manajemen Arema FC mempertimbangkan untuk bubar karena situasi semakin tidak kondusif pasca aksi protes Aremania di Malang, Minggu, (29 Januari 2022). Belum lagi adanya beberapa penolakan Arema FC di beberapa tempat selama berlangsungnya kompetisi.

Namun, jika Arema FC resmi bubar pada musim ini dan mundur dari liga 1, terdapat sejumlah sanksi yang menyusul mereka. Hal tersebut tertulis dalam peraturan Liga 1 2022/2023.

Hukuman Berat Jika Mundur – Hukuman Arema FC Jika Mengundurkan Diri Dari Liga 1

Pada Pasal 7 Regulasi Kompetisi Liga 1 2022/2023, yang mengatur tentang klub yang mengundurkan diri setelah kompetisi dimulai, Jika Arema mundur, maka akan mendapat hukuman yang berat.

Konsekuensi pertama yang dihadapi Arema adalah seluruh hasil pertandingan yang sudah dijalani akan menjadi tidak sah, termasuk untuk tim lawan dan secara otomatis Arema akan dihapus dari klasemen akhir Liga 1. Kemudian, sisa jadwal pertandingan Arema FC akan dihilangkan dari jadwal.

Pihak manajemen juga perlu membayar sejumlah kompensasi kepada pihak-pihak terkait yang nilainya akan ditentukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Klub yang mengundurkan diri harus membayar biaya kompensasi terhadap kerugian yang timbul dan dialami oleh Klub lainnya, PSSI, LIB, sponsor, televisi dan pihak terkait lainnya,” isi regulasi kompetisi Liga 1 2022/2023.

Selain kompensasi, ada juga denda yang harus dibayarkan oleh Manajemen Arema, jumlah denda yang perlu dibayarkan juga terbilang tidak sedikit, pasalnya Liga 1 sudah memasuki putaran kedua.

“Klub yang mengundurkan diri dihukum denda sebesar Rp3 miliar apabila mengundurkan diri pada putaran pertama [pekan pertandingan pertama hingga ke-17] dan sebesar Rp5 miliar apabila mengundurkan diri pada putaran kedua [pekan pertandingan ke-18 hingga ke-34],” bunyi regulasi Liga 1 2022/2023.

Tim dengan julukan Singo Edan ini juga akan terancam dilarang tampil di Liga 1 selama dua musim, setelah mengundurkan diri dan hanya dapat berkompetisi di turnamen yang sudah ditentukan oleh PSSI.

Hukuman Arema FC Jika Mengundurkan Diri Dari Liga 1 “Klub yang mengundurkan diri dapat dilaporkan ke Komite Disiplin PSSI untuk mendapatkan sanksi tambahan dan klub yang mengundurkan diri harus mengembalikan seluruh kontribusi yang telah diterima yang terkait penyelenggaraan BRI Liga 1,” isi regulasi Liga 1 2022/2023.

Baca artikel lebih banyak penulis Iwan Bomba

You may also like

Leave a Comment