Home » Fakta-Fakta Kasus Manchester City yang Diduga Langgar FFP

Fakta-Fakta Kasus Manchester City yang Diduga Langgar FFP

by tulisanbola
876 views
Fakta-Fakta Kasus Manchester City yang Diduga Langgar FFP - Tulisanbola iwan bomba

Fakta-Fakta Kasus Manchester City yang Diduga Langgar FFP

JAKARTA, TULISANBOLA OLEH IWAN BOMBA – Kasus Manchester City, Bagi penggemar Manchester City pasti akan sangat heran dengan apa yang terjadi saat ini. Pasalnya Man City sedang mengalami pelanggaran aturan keuangan Financial Fair Play oleh Liga Premier.  Nasib mereka kini bergantung pada komisi independen yang akan menganalisis dan menyelidiki hasilnya sebelum memutuskan kemungkinan sanksi. Berikut adalah beberapa fakta tentang insiden Manchester City.

Tuduhan Kasus Man City

Manchester City telah dituntut oleh Liga Premier karena melanggar aturan FFP sekitar 100 kali dalam sembilan tahun antara 2009/10 dan 2017/18. City diduga mengirim informasi keuangan yang tidak akurat ke Liga Premier.

Man City juga tidak mengungkapkan catatan keuangan manajer mereka selama empat tahun. Salah satu manajer yang bersangkutan bahkan mendapatkan bayaran melebihi dari yang diterima klub.

City juga gagal mematuhi aturan FFP UEFA selama lima tahun dan gagal bekerja sama dengan Liga Premier selama penyelidikan panjang.

Reaksi Man City Terhadap Tuduhan Tersebut

Menanggapi pengumuman Premier League, City menerbitkan pernyataan resmi di situsnya.

“Manchester City FC terkejut dengan dikeluarkannya dugaan pelanggaran Peraturan Liga Premier ini, terutama mengingat keterlibatan yang luas dan sejumlah besar materi terperinci yang telah disediakan oleh EPL,” tulis klub.

“Klub menyambut peninjauan masalah ini oleh Komisi Independen, untuk mempertimbangkan, secara tidak memihak, kumpulan bukti tak terbantahkan yang ada untuk mendukung posisinya. Karena itu kami berharap masalah ini dihentikan sekali dan untuk selamanya,” imbuhnya.

Man City Dihukum Karena Pelanggaran FFP

Kasus City saat ini, akan disidangkan oleh komisi memutuskan sanksi. Namun jelas bahwa tuduhan terhadap City adalah hal yang serius. Man City bisa menghadapi beberapa sanksi jika klaim Liga Premier itu benar.

Inilah beberapa di antaranya :

  1. Menangguhkan klub dari pertandingan liga
  2. Pengurangan poin
  3. Rekomendasikan kepada dewan agar pertandingan liga diulang
  4. Merekomendasikan kepada dewan bahwa liga mengeluarkan klub
  5. Perintah kompensasi
  6. Membatalkan atau menolak pendaftaran pemain
  7. Hukuman bersyarat
  8. Memerintahkan klub untuk membayar denda

Saat ini Kasus Manchester City tidak ada preseden untuk dugaan pelanggaran financial fair play Manchester City yang menyebabkan degradasi mereka. Namun, degradasi dari Liga Inggris menjadi salah satu sanksi yang bisa dijatuhkan. Dalam insiden serupa, raksasa Italia Juventus mendapat pengurangan 15 poin. Yang terpenting, Juventus terhindar dari degradasi langsung dari liga Italia Serie A.

Baca artikel lebih banyak penulis Iwan Bomba

You may also like

Leave a Comment