Home » Daftar Kemenangan besar The Blues Di Liga Champions

Daftar Kemenangan besar The Blues Di Liga Champions

by tulisanbola
877 views
Daftar Kemenangan besar The Blues Di Liga Champions - Tulisanbola oleh Iwan Bomba

DEPOK, TULISANBOLA OLEH IWAN BOMBA – Daftar Kemenangan besar The Blues Di Liga Champions, Semenjak format kompetisi klub terbesar di Eropa diubah terakhir kali pada 2003, dengan adanya babak sistem gugur tambahan yang menggantikan babak penyisihan grup kedua, Chelsea tampil secara rapi di babak 16 besar, dan cuma absen tiga kali dari 20 musim terakhir.

Tingkat kelolosan Chelsea di babak ini cukup baik dengan kemenangan agregat 4-1 musim kemarin atas juara Prancis, Lille, yang memastikan Chelsea lanjut ke perempat-final untuk ke-10 kalinya dalam 16 kesempatan.

Berikut ini merupakan lima kemenangan the Blues yang paling mengesankan di babak 16 besar Liga Champions.

Barcelona 2004

Laga epik antara pemimpin klasemen liga Inggris dan Spanyol, Chelsea tertinggal 2-1 dari leg pertama dan tidak diperkuat Didier Drogba yang mendapat skorsing usai terkena kartu merah di Camp Nou. Akan tetapi, Chelsea membuat permulaan yang sangat baik di Bridge dan unggul agregat 4-2 usai Eidur Gudjohnsen, Frank Lampard dan Damien Duff menorehkan gol pada 19 menit pertama.

Baca artikel lebih banyak penulis Iwan Bomba

Porto 2006

Chelsea seperti berada di atas angin sesudah skor sama 1-1 di Portugal, namun Chelsea memulai pertandingan dengan buruk pada leg kedua dan tertinggal ketika Ricardo Quaresma dapat lolos dari jebakan offside dan mencetak gol ke gawang Petr Cech di menit ke-15.

Semenjak itu the Blues mendominasi dan mencetak gol kemenangan 11 menit sebelum laga berakhir. Sebuah umpan silang dari sisi kiri dilanjutkan oleh Drogba kepada Andrey Shevchenko, yang langsung menyundul bola ke tengah kotak penalti untuk dilanjutkan oleh Michael Ballack dengan tendangan voli terkontrol dan memastikan kemenangan agregat 3-2.

Juventus 2008

Dengan Guus Hiddink yang menjadi penanggung jawab manajer sementara, the Blues menaklukkan raksasa Italia, Juventus, dalam pertandingan yang berlangsung sengit guna mencapai perempat-final kelima kalinya dalam enam musim.

Keunggulan 1-0 dari leg pertama di London, berkat gol Drogba, hilang ketika Vincenzo Laquinta memasukkan bola ke gawang Petr Cech usai 16 menit di Turin. Kemudian, Chelsea membalas gol di babak pertama melalui tendangan Michael Essien dari jarak dekat.

Juve berhasil lantas membalas satu gol di menit ke-74 lewat tendangan penalti Alessandro Del Piero, namun Drogba menentukan hasil akhir laga 7 menit sebelum pertandingan usai, meneruskan umpan silang mendatar dari Juliano Belletti dan membuat skor menjadi 3-2 secara agregat.

Napoli 2011

The Blues sepertinya bakal tersingkir lebih dulu dari kompetisi ini usai dikalahkan Napoli dengan skor 3-1 di Stadio Sao Paolo, namun pada malam yang penuh drama dan emosi di Bridge, tim asuhan Roberto Di Matteo menunjukkan performa luar biasa untuk menaklukkan tim asal Italia tersebut.

Akan tetapi, the Blues tetap teguh, dengan Frank Lampard yang gagah berani mengeksekusi penalti untuk menyamakan kedudukan dengan 15 menit tersisa sebelum Branislav Ivanovic membuat gol kemenangan yang tak terlupakan di babak perpanjangan waktu untuk kembali ke jalur kemenangan di Muenchen.

Atletico Madrid 2020

Mungkin pertandingan ini tak sedramatis dari beberapa kemenangan di babak 16 besar sebelumnya, namun kemenangan agregat 3-0 atas Atletico Madrid dua tahun lalu menjadi hasil yang sangat signifikan dengan menunjukkan salah satu gol terbaik klub di pentas kontinental.

Daftar Kemenangan besar The Blues Di Liga Champions, Atletico tengah berada di puncak klasemen La Liga kala itu dan sukses memenangkan gelar Liga Spanyol pada tahun itu, namun mereka tidak bisa menembus pertahanan Chelsea selama 180 menit dan gol-gol dari Hakim Ziyech dan Emerson pada laga kedua di London memastikan kelolosan the Blues ke babak perempat-final.

Baca artikel lebih banyak penulis Iwan Bomba

You may also like

Leave a Comment